Bali · Studi Excursi

Fuse – Simulasi Anti Teroris PLN Bali


PLN Bali adalah tujuan terakhir dari kegiatan Fuse ini. Sesampainya di PLN Bali kita disuruh mengantri untuk ttd buku hadir tamu, bayangin aja tuh sepanjang apa antrian untuk 120 org masuknya satu-satu ke lantai tiga hehe.. Sip setelah beberapa menit mengantri akhirnya bisa masuk keruangan diskusi sambil bawa kotak snack yang dibagikan. Acara pun dimulai dengan sambutan dari Ibu Manager, kemudian “Doooor..!!!” bapak satpam masuk dengan gopohnya berkata “dek ayo dek keluar lewat pintu itu semuanya ada bom!!”. Aku masih belum ‘ngeh’ ngeliat bapaknya tapi sebagian sudah pada nurut kata bapaknya, sudah pada lari kepintu keluar. “Ayo dek cepet, keluar keluar !!” ulang bapaknya lagi. Sebagian dari kita sudah keluar terus bunyi lagi suara ledakan kedua ” Doooor…!!”. Baru deh sadar ada yang gak beres, tapi dalam hati tetep mikir ini bener gak sih, ada apa ya?. Pokoknya Langsung deh semua pada lari gruduk-gruduk, ada yang pada teriak sambil nutup kupingnya “AAAaaaaaaaaaaa…….”. Sampai ditangga lantai dua bunyi lagi “Dooor…!”. Terdengar samar-samar ada yang ngucap asma Allah berkali-kali ” Ya Allah, Ya Allah, Astagfirullahal adzim.” terus ada juga yang hanya teriak-teriak “Aaaaaa..” setiap kali bunyi ledakan terdengar. Terus ada juga yang bilang ” Tenang rek, tenang kalau kita mati disini, kita mati sahid rek !” menenangkan. Aku hanya menutup telinga sambil sesegera mungkin meninggalkan gedung yang sudah berasap. Tiba-tiba temen dibelakang menepuk pundakku dan bilang ” tenang aja gak usah panik, ini cuma simulasi kok, simulasi doang”. “Alhamdulillah…”pikirku dan mulai tenang. Semua berada di luar halaman tidak kami mahasiswa maupun staff. Setelah beberapa menit jreng..jreng… datanglah pahlawan kita bapak-bapak polisi yang bakal nangkap teroris yang katanya masih ada didalam gedung. Keren gayanya ala-ala FBI gitu hehe.. (source picture : Fachri Hilmi R)

Mobil Polisi sang Penyelamat
Iring-iringan bpk police dr pintu masuk
PLN2 (2)
Petugas memasang garis di sepanjang tkp sbg penanda

Dan saat-saat yang menegangkan pun terjadi. Penggerebekan teroris segera dimulai.. Dan suasana yang mencekam pun tercipta. Dari dala gedung terdengar suara pertarungan antara teroris dan police saling tembak. “pyarr…. jedar…jeder…jedoor..!!”

Penggerebekan
Pengepungan
PLN2
Iring-iringan bpk police dr pintu masuk

PLN3
Penyerbuan 

Setelah beberapa menit pertarungan dimulai, suasana didalam gedung mulai tenang, sepi tidak seperti sebelumnya yang terdengar suara tembakan dimana-mana. Finally… keluarlah para bapak2 police yang telah berhasil membekap para teroris tersebut. ” Ayo, jalan ! kalo gak jalan saya tembak !” gitu kali ya haha..

PLN5
Penangkapan teroris

Setelah teroris ditangkap, masih perlu dilakukan pengamanan dan evakuasi ditakutkan terdapat bom yang tertinggal atau barang-barang bahaya lainnya.

Evakuasi barang tertinggal
Evakuasi barang tertinggal

Setelah dilakukan evakuasi, akhirnya dipastikan gedung telah aman dari bahaya-bahaya yang mengancam tersebut. Dan semuapun berbahagia.. wkwkwk (keliatan kan ya mukanya pada bahagia tuh, pada senyum2). Oke sekian cerita kita hari ini haha (^_-)

Selesai
Selesai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s