Kuliner

Prata Khas Tanjung pinang


Ada yang bilang kalau Prata itu ya Roti Maryam. Roti Maryam itu ya Prata. TIDAK ! Menurut ku si Prata itu BUKAN Roti Maryam, Roti  Maryam juga Bukan Prata. Serupa tapi Tak Sama. Kalau difilosofiin kayak Indonesia dengan Malaysia, Serumpun tapi Tak  Sama, betul kaan ?? Hehehe..

Kalau di Surabaya Roti Maryam ini punya banyak nama, ada yang bilang ‘Roti PakPok’ (katanya si karena pembuatannya di pakpok gitu), terus ada juga yang bilang ‘Roti Cane’ dan yang dimaksud ya sama Roti Maryam yang bentuknya bulat dan Rasanya Manis. Kata temenku yang notabene keturunan Pakistan, Roti Maryam ini asalnya dari sana biasanya dimakan pakai gule kacang hijau atau gule merah. Pernah diawa kekampus tapi gak sempet moto ya bentuknya sama kayak gambar dibawah ini sama gule kacang hijaunya kayak bubur kacang hijau tanpa kuah gitu deh. Temenku yang dari Jawa dan Tarakan bersikeras kalau Roti Maryam itu ya Prata tapi kalau aku bilang Bukan. Rasa Roti Maryamnya sendiri itu manis ada sedikit rasa mentega gitu, kalau sekarang disurabaya variasi rasa untuk Roti Maryam ini sudah banyak ada coklat, keju, meses, vanila dkk. Lama-lama ini jadi Pancake juga

roti-maryam
Roti Maryam

Diatas udah diceritakan ciri-ciri dari Roti Maryam, sekarang Prata. Kalau orang Tanjung pinang bilang Prata ini asalnya dari India, seperti pengganti nasi dimakannya pakai kari ayam atau kari daging. Rasa Prata nya gak manis tapi gurih. Negara asal dari makanan ini (India-Pakistan) kan memper-memper jadi ya agak mirip. Mungkin di Negara tetangga seperti Malaysia atau Singapura juga ada tapi kalau di Tanjung pinang yang dimaksud Prata seperti gambar dibawah ini. Prata di Tanjung pinang ada dua macam Prata kosong dan Prata Isi. Prata Isi itu hampir sama dengan Martabak telor kalau di Jawa, Isinya bisa daging atau ayam dicampur dengan sayur dan daun bawang-bawangan dimakan dengan kuah kari atau kecap dan cuka. Kalo Prata Kosong itu gak ada isinya sama kayak kulit Martabak atau kulit kebab tapi agak tipis. Aduh gak punya potonya biar keliatan bedanya, nanti klo pulang ke pinang deh dipotoin yg banyak .. #koreksi ya kalo slah =))

Prata Kosong Pagi Sore - Tanjungpinang
Prata Kosong Pagi Sore – Tanjungpinang
2013-08-14 11.19.40
Ridho & Bang Resnu di Pagi Sore Pinang
Prata
Prata ( Source pic :bp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s